Jumat, 06 Januari 2012

PASAR

A.     Pengertian Pasar
Pasar secara sempit berarti tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi barang atau jasa. Tetapi, ada juga pasar yang tidak mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung misalnya, pasar saham. Pasar juga dapat diartikan luas yakni bertemunya penjuala dan pembeli yang saling berinteraksi untuk menentukan suatu harga keseimbangan.
B.     Struktur pasar
Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat mempengaruitingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar, seperti jumlah perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi. Stuktur pasar suatu Negara dapat bergerak mulai dari sempurna sampai ke struktur pasar monopoli.
C.      Pasar Persaingan Sempurna
1.      Pengertian pasar persaingan sempurna
Pasar persaingn sempurna harus menggambarkan suatu keadaan dimana penjual dan pembeli tidak dapat mempengarui harga, sehingga harga di pasar benar -benar murni dari hasil interaksi antara permintaan dan penawaran. Dengan kata lain harga terbentuk dari cerminan antara keinginan konsumen dan produsen.
2.      Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna
ü  Pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak pembeli, namun tidak mempengarui harga
ü  Dalam pasar persaingan sempurna banyak penjual
ü  Barang atau jasa yang di jual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan
ü  Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna
ü  Setiap pihak dapat mempengaruhi keadaan pasar dengan mudah ( perfect information )
ü  Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan
‘Kurva permintaan dan penawaran pada pasar persaingan sempurna’

3.       Laba Maksimum Dalam pasar persaingan sempurna
Untuk menghindar resiko kerugian karena adanya perubahan harga, seorang pengusaha harus selalu dapat menghitung titik pulang pokoknya ( Break Event point- BEP ) dalam kondisi apapun. Titik pulang pokok adalah keadaan ketika total penerimaan sama dengan total biaya yang di keluarkan.
-          Penerimaan total ( total revenue-TR ) didefenisika sebagai pendapatan yang diperoleh dari jasil penjualan produk. Harga di tentukan oleh kekuatan pasar , sementara penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, walau pun mereka dapat menentukan kuantitas yang di minta atau di tawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar